Senin, 06 Oktober 2014

#Pinternet

  • Pengertian dan Sejarah Internet
A. Pengertian Internet dan Intranet
1. Internet
Internet adalah singkatan dari Interconnection Network yang secara harfiah berarti hubungan antar jaringan komputer (network). Sedangkan,network sendiri diartikan sebagai suatu sistem komunikasi data antar komputer. Contoh jaringan komputer yang paling sering ditemukan adalah LAN (Local Area Network). LAN menghubungkan komputer-komputer yang berada dalam suatu area atau lokasi tertentu, seperti kantor, sekolah, perusahaan, warnet, dan lain-lain.
Untuk mendapatkan akses Internet, sebuah komputer harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan Internet atau Internet Service Provider (ISP).
Internet merupakan sebuah kumpulan global (mendunia) ribuan jaringan komputer dan jutaan komputer pribadi yang dikelola secara bebas. Internet telah memungkinkan komunikasi antar komputer dengan menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) atau IP (Internet Protocol) disingkat (TCP/IP) yang didukung media komunikasi, seperti satelit dan paket radio. Jadi, jarak jangkauannya tidak terbatas.
Web adalah sekumpulan komputer yang terhubung melalui kabel maupun tanpa kabel.
2. Intranet
Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak Internet dan protokol TCP/IP/HTTP. Oleh karena itu, sebuah jaringan Intranet memiliki semua fasilitas yang memiliki semua fasilitas yang dimiliki oleh Internet seperti e-mail, File Transfer Protocol (FTP), dan lain sebagainya. Jaringan Intranet merupakan jaringan Internet yang hanya dimiliki oleh kelompok atau perusahaan tertentu dan tidak dapat diakses oleh orang lain. Tetapi, Intranet juga dapat terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internet working) melalui backbone Internet.

    Penggunaan Intranet dapat mendatangkan beberapa keuntungan, diantaranya:
1.) Produktivitas kerja.
2.) Pemanfaatan waktu.
3.) Komunikasi.
4.) Operasi dan manajemen.
5.) Kerangka perubahan budaya kerja.
B. Sejarah Perkembangan Internet
Internet yang dikenal pada saat ini merupakan perkembangan dari sebuah jaringan yang disebut ARPANet (Advance Research Projects Agency). ARPANet dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sejak 1969. Pada awal 1980-an, ARPANet terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPANet dan MILNet (jaringan militer rahasia), akan tetapi keduanya masih mempunyai hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap dilakukan.
Pada mulanya, jaringan ini disebut DARPA Internet, tetapi kemudian disebut sebagai Internet saja. Selanjutnya, protokol TCIP/IP diperkenalkan pada 1982, dan disusun dengan penggunaan sistem DNS (Domain Name Service) pada 1984.
Pada 1990, Internet mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada masa ini, World Wide Web mulai dikembangkan oleh CERN (Swiss). Barulah pada 1992 muncul World Wide Web pertama dengan nama Viola yang diluncurkan oleh Pei Wei. Berikutnya, InterNIC didirikan pada 1983 untuk menjalankan layanan pendaftaran domain.
Penggunaan Internet secara komersial dimulai pada 1994 yang dipelopori oleh perusahaan Pizza Hut, dan Internet Banking pertama kali diaplikasikan oleh First Virtual.
C. Istilah-Istilah Internet
Beberapa istilah yang berhubungan dengan Internet dan penggunaannya akan dijelaskan berikut ini untuk membantu pengguna Internet dalam memahami dunia Internet.
1.) Web
Web, berarti jaringan yang dapat menampilkan data-data dan informasi lain melalui internet. Web merupakan bagian dari protokol bahasa http yang paling populer.
2.) WWW (World Wide Web)
WWW merupakan kumpulan penyedia web untuk dipakai secara massal diseluruh dunia.
3.) Web Site
Web Site merupakan sebuah alamat di WWW yang menyediakan informasi tertentu. Contohnya: http://www.yahoo.com, http://www.google.com, danhttp://www.detik.com.

4.) Web Page
Web page merupakan bagian dari web site yang merupakan lembaran-lembaran halaman sebuah web site.

5.) Homepage
Homepage adalah halaman muka sebuah web site, berisi link-link ke halaman yang lain dalam web site yang sama atau web site lainnya.
6.) Browser
Browser adalah aplikasi di Internet yang dipakai untuk menjelajah dunia Internet. Contohnya: Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape Navigator, dan sebagainya.
7.) Download
Download adalah pengambilan data atau informasi dari sebuah web site untuk ditampilkan atau disimpan di komputer pengguna.
8.) Upload
Upload merupakan pengiriman data dan informasi dari komputer pengguna ke suatu web site.

9.) E-mail
E-mail adalah surat elektronik yang dapat dikirim dan diterima melalui Internet.
1O.) URL (Universal Recource Locator)
URL adalah sistem penamaan alamat sistem web.
11.) HTTP (Hyper Text Transfeer Protocol)
HTTP merupakan salah satu protokol bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antarserver komputer dalam Internet.
12.) Hub
Hub merupakan alat yang berfungsi sebagai pusat suatu jaringan.
13.) Client
Client adalah komputer pengakses Internet, biasanya dipakai oleh pengguna.
14.) Server
Server adalah komputer penyedia data dan informasi yang akan dipakai oleh client.
15.) Modem (Modulator Demodulator)
Modem merupakan alat yang diperlukan oleh sebuah komputer untuk menghubungkan dengan komputer lain melalui jaringan internet.
16.) HTML (Hypertext Mark up Language)
HTML merupakan standar format untuk dokumen hypertext.
17.) Hypertext
Hypertext merupakan serangkaian kata pada dokumen html yang mempunyai hubungan (link) dengan dokumen html lain.
18.) Hyperlink
Hyperlink ini merupakan fasilitas untuk merefensikan atau menghubungkan sebuah kata, kalimat, simbol, gambar dengan alamat-alamat di Internet.
19.) Protokol
Protokol adalah sejumlah aturan yang menentukan bagaimana dua atau lebih komputer saling berkomunikasi.
20.) Alamat IP
Alamat IP merupakan identitas komputer dalam jaringan yang terdiri dari empat bagian (mulai angka 1 sampai 225). Contohnya adalah 101.09.45.015.
21.) ISP (Internet Service Provider)
ISP merupakan perusahaan atau lembaga penyedia jasa layanan Internet, seperti Wasantara, Indosatnet, Telkomnet, dan sebagainya.
22.) Search Engine
Search Engine merupakan aplikasi pencari data, informasi, alamatweb site lain melalui input kata kunci dan fitur lainnya.
23.) Mailing List
Mailing List merupakan suatu forum atau kelompok diskusi di Internet yang dapat saling bertukar indormasi antarsesama anggota.
24.) Chatting
Chatting adalah ngobrol di Internet, baik melaluit tulisan, suara, maupun video seperti berbicara bertatapan muka.
D. Keunggulan dan Kelemahan Internet.
1. Keunggulan Internet
Keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Internet adalah sebagai berikut:
a.) Jangkauan Internet bersifat umum.
b.) Akses Internet tidak dibatasi oleh waktu.
c.) Efektivitas dan efisiensi Internet dalam menyelesaikan pekerjaan menjadi daya tarik orang-orang untuk menggunakan Internet.
d.) Komunikasi melalui Internet dengan pengguna lain yang berada di tempat yang jauh menjadi lebih interaktif dan fleksibel.
2. Kelemahan Internet.
Selain memiliki keunggulan, Internet juga dimiliki kelemahan. Beberapa kelemahan Internet adalah sebagai berikut:
a.) Adanya penyebaran virus komputer melalui Internet.
b.) Banyaknya pengguna yang mengakses Internet dalam waktu bersamaan akan memperlambat akses Internet.
E. Ukuran Kecepatan Akses Internet
Satuan kecepatan akses Internet adalah Kbps (kilobits per second) atau Mbps (megabits per second). 1 kilobits sama dengan 1.000 bits dan 1megabits sama dengan 1.000.000 bits. Misalnya. kecepatan amses Internet suatu komputer adalah 56 Kbps. Artinya, komputer tersebut dapat mendownload data sebesar 56 Kb dalam waktu 1 detik.
Pada kenyataannya, kecepatan akses Internet dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet di antaranya adalah:
1.) Kecepatan komputer pelanggan.
2.) Kepadatan lalu lintas Internet sepanjang rute yang dilalui.
3.) Besar bandwidth yang disewa ISP ke Backbone Internet.
4.) Jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan.
5.) Kemampuan dan kecepatan server dimana pelanggan mengakses.
Berikut ini adalah kecepatan akses Internet berdasarkan saluran yang digunakannya.
1.) Kecepatan Akses Internet dengan Dial Up melalui jalur PSTN
2.) Kecepatan Akses Internet dengan ADSL
3.) Kecepatan Akses Internet dengan GPRS
4.) Kecepatan Akses Internet dengan 3G
5.) Kecepatan Akses Internet dengan WiFi
6.) Kecepatan Akses Internet dengan Wireless Broadband
7.) Kecepatan Akses Internet dengan LAN (Local Area Network)
8.) Kecepatan Akses Internet dengan TV Kabel

Referensi
https://webfoundation.org/about/sir-tim-berners-lee/
http://70penemu.blogspot.com/2012/04/tim-berners-lee-penemu-www.html
http://www.chip.co.id/news/web_internet-from_the_magazine/5886/chip_timeline_mozilla
http://www.ficripebriyana.com/2013/12/pengertian-http-html-url-www-ftp-dns.html
http://www.likethisya.com/pengertian-internet.html
http://www.pintarkomputer.com/2014/05/memahami-pengertian-sejarah-dan-perkembangan-jaringan-komputer.html
http://artikelterkait.com/pengertian-internet-apa-itu-internet-dan-sejarah-internet.html
http://cepatlambat.blogspot.com/2014/06/pengertian-sejarah-internet.html
http://www.kutembak.com/2013/08/sejarah-internet-dan-pengertian-nya.html
http://top-ilmu.blogspot.com/2013/12/pengertian-internet-dan-sejarah-internet.html


  • Hal-Hal yang Berkaitan dengan Internet
  1. Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu (personal computer) yang dihubung-hubungkan dengan menggunakan protokolTransmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibagi menjadi empat kelompok, yaitu jaringan komputer lokal, jaringan komputer metropolitan, jaringan komputer skala luas, dan interjaringan. Berikut ini adalah penjelesan tentang kelompok jaringan tersebut.
  1. Jaringan Komputer Lokal (Local Area Network atau LAN)
Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN sering digunakan untuk menguhubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor, sekolah, atau pabrik-pabrik untuk memakai resource secara bersama (misalnya, printer atau scanner) dan saling bertukar informasi. LAN dapat dibekan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik, yaitu ukuran, teknologi transmisi, dan topologinya.
Keuntungan daru jaringan LAN adalah sebagai berikut:
a. Perukaran file dapat dilakukan dengan mudah (file sharing).
b. Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (printer sharing).
c. File-file data dapat disimpan pada server sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin.
d. File data yang keluar atau masuk dari dan ke server dapat dikontrol.
e. Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat.
f. Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sanagat kecil sekali.
g. Komunikasi antarkaryawan dapat dilakukan dengan menggunakan e-mail dan chat.
2. Jaringan Komputer Metropolitan (Metropolitan Area Network atau MAN)
Metropolitan Area Network (MAN) merupakan jaringan dengan area lebih luas dari LAN, dapat terdiri dari dua atau lebih LAN yang dihubungkan bersama-sama dalam batas tertentu, misalnya dalam suatu kawasan metropolitan atau satu kota. Jarak maksimum yang dapat dijangkau oleh MAN adalah 80 km. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching yang berfungsi untuk mengatur paket melalu beberapa output kabel.
Keuntungan jaringan MAN adalah:
a. Dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
b. Jangkauan lebih luas dari LAN.
c. Lebih irit kabel jaringan. karena tidak terlalu membutuhkkan banyak kabel jaringan.
  1. Jaringan Komputer Skala Luas (Wide Area Network atau WAN)
Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang mempunyai jangkauan area sangat luas, misalnya antarpulau, negara, benua, bahkan ke luar angkasa. Contoh WAN yang sangat terkenal adalah Internet. Tetapi, WAN dapat juga menjadi network pribadi. Biasanya, WAN terdiri dari banyak LAN diinterkoneksikan.
Keuntungan jaringan WAN adalah sebagai berikut:
a. Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
b. Komunikasi antarkantor dapat menggunakan e-mail dan chat.
c. Dokumen atau file yang biasanya dikrimkan melalu faksimile ataupun paket pos, dapat  dikirim melalu e-mail dan transfer file dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
d. Pooling dan updating data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.
  1. Interjaringan (Interconnection Network atau Internet)
Internet merupakan sekumpulan jaringan komputer yang terhubung. Pada umumnya, untuk membangun sebuah jaringan Internet membutuhkan peralatan jaringan, seperti repeater (penguat sinyal),bridge (penghubung antarjaringan), router (pengatur lalu lintas dalam jaringan), dan gateway.
    Komputer yang terkoneksi ke Internet merupakan bagian jaringan Komputer terhubung ke Internet dengan menggunakan modem yang terkoneksi ke sebuah Internet Service Provider (ISP). Kemudian, ISP akan terkoneksi ke dalam sebuah jaringan yang lebih besar, dan demikian seterusnya. Jadi, Internet merupakan jaringan yang berisi jaringan.
Jika pengguna yang ingin terkoneksi ke Internet menggunakan ISP maka ISP harus menyediakan tempat atau terminal yang digunakan untuk mengakses jaringan yang disebut Point of Presence (POP).
B. Perangkat Keras Jaringan berdasarkan Jenis Hubungannya
Membangun sebuah jaringan memerlukan seperangkat alat yang terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras yang diperlukan tergantung pada jenis hubungan yang akan dibangun. Berikut ini adalah perangkat keras jaringan berdasarkan jenis hubungan atau sambungannya.
1. Hubungan Dial Up
    Hubungan yang paling sederhana sebuah komputer ke jaringan Internet adalah dengan memanfaatkan jalur telepon yang terdapat di kantor atau di rumah. Jenis hubungan ini sering disebut dial up connection.
  1. Unit Komputer
    Unit komputer yang dibutuhkan terdiri dari monitor, sistem unit CPU, dan perangkat tambahan, seperti keyboard, web cam, dan mouse.
  1. Modem (Modulator Demolator)
    Modem adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengubah data analog menjadi data digital pada saat komputer mengambil data, atau mengubah data digital menjadi data pada analog pada saat komputer mengirimkan data.
Terdapat dua jenis modem menurut penempatannya, yaitu modem eksternal dan modem internel. Modem eksternal adalah modem yang ditempatkan di luar komputer dan dapat dipindah-pindah dari komputer ke komputer lain. Sedangkan, modem internal adalah modem yang sudag terpasang di dalam komputer (terpasang langsung ke motherboardkomputer).
Melalui modem, sebuah komputer dapat terhubung ke Internet sehingga siap untuk mengakses dan diakses dunia Internet.
  1. Jaringan Telepon
Jaringan telepon ini sering dikenal dengan nama PSTN (Public Switch Telephone Network). Selain itu, diperlukan jasa perusahaan penyedia jaringan (ISP= Internet Service Provider) karena kita tidak dapat membuat jaringan sendiri, melainkan ada perusahaan penyedianya. ISP merupakan sebuah perusahaan yang menjadi penyedia layanan akses Internet. Agar dapat terhubung ke Internet, kita harus mendaftarkan menjadi pelanggan sebuah ISP, seperti Indosatnet, Indonet, Telkomnet, dan sebagainya. Pada saat mendaftarkan ke ISP, maka ISP akan memberikan sebuah user name dan password yang akan digunakan agar dapat mengakses jaringan Internet melalui ISP.
  1. Hubungan Leased Line
    Jika diartikan secara selintas, leased line adalah jalur (telepon) yang digantikan fungsinya menjadi jalur Internet. Hubungan ini menggantikan fungsi jalur teelpon menjadi jalur Intermet sehingga kita dapat mengakses Internet selama 24 jam sehari secara permanen tanpa harus melakukan dial up untuk koneksi ke jaringan maupun melakukan disconnect untuk memutuskan hubungan dengan Internet.
Pada jenis hubungan ini diperlukan perangkat lain yang dinamakanrouter. Router adalah jenis khusus dari komputer yang secara dasar mempunyai komponen yang sama dengan komputer, seperti CPU,memory, system BUS, dan berbagai perantara input atau output. Namun, router didesain untuk fungsi khusus yang tidak ada di dalam komputer, seperti menghubungkan dan menentukan jalur terbaik untuk pengiriman data dalam jaringan. Router menggunakan Internetwork Operating System (IOS) untuk menjalankan file konfigurasi. File ini berisi instruksi dan parameter yang mengontrol alur lalu lintas data melalui router.
  1. Hubungan Wireless (Tanpa Kabel atau Nirkabel)
    Hubungan wireless sama dengan hubungan leased line. Perbedaannya terletak pada media yang digunakan. Jika leased linemenggunakan kabel telepon, maka wireless menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan dan menerima datanya.
Pada umumnya, frekuensi gelombang yang digunakan di Indonesia berada pada rentang 2,4 Ghz (2.400.000.000 Hz) dan 5,6 Ghz (5.600.000.000 Hz). Artinya, dalam setiap detiknya pemancar gelombang tersebut akan memancarkan 2.400.000.000 sampai 5.600.000.000 gelombang.
Alat pemancar dan penerima gelombang berfungsi untuk menerima gelombang data dari jaringan Internet, kemudian diteruskan ke komputer kita melalui router. Selain itu, alat pemancar ini juga berfungsi untuk memancarkan gelombang data dari komputer kita menuju jaringan Internet melalui router. Oleh karena itu, keberadaan alat pemancar ini sangat penting dalam sistem hubungan wireless. Tanpa alat pemancar ini, komputermu tidak dapat melakukan sambungan Internet dengan sistem hubungan wireless. 
Hal yang harus diperhatikan untuk menggunakan hubungan wireless adalah:
a.) Hubungan ini rentan terhadap cuaca sehingga perubahan cuaca di sekitarnya akan banyak berpengaruh terhadap lalu lintas data. Ketika cuaca cerah, lalu lintas data akan baik. Namun, jika cuaca hujan atau banyak petir, lalu lintas data akan sangat buruk.
b.) Pemakaian hubungan wireless sebaiknya digunakan jika hubungan melalui kabel sudah tidak memungkinkan. Jika masih dimungkinkan hubungan melalui kabel, hubungan tanpa kabel jangan dijadikan pilihan.
Di beberapa tempat belanja atau tempat wisata, telah ada sarana untuk akses Internet secara wireless yang biasa disebut hot spot. Konsumen yang membawa komputer (notebook) dengan fasilitas Internetnya dapat langsung akses Internet di sekitar tempat itu dalam radius sekitar 20 meter.
Konsumen teknologi ini sudah memungkinkan sebuah perusahaan penyedia jasa komunikasi via telepon genggam dapat pula menyediakan jasa akses Internet dengan menyediakan kartu khusus (Internet card) yang dapat dihubungkan dengan komputer kita. Dengan begitu, kita dapat mengakses Internet langsung dari komputer kita selama jaringan telepon seluler masih tersedia.
Beberapa jenis produk telepon genggam (handphone) sudah dilengkapi dengan fasilitas Internet sehingga kamu dapat mengakses Internet secara langsung dari HP.
  1. Hubungan VSAT
    VSAT (Very Small Aperture Terminal) memungkinkan terjadinya komunikasi data melalui satelit. Data dari komputer di tempat A dikirim ke satelit melalui sebuah pemancar, kemudian satelit akan meneruskan data tersebut ke komputer di tempat B melalui sebuah pemancar penerima.
Jangkauan hubungan VSAT sangat luas karena gelombang dikirimkan terlelbih dahulu ke satelit di ruang angkasa, kemudian dikirim lagi ke bumi. Untuk mencapai daerah-daerah terpencil yang memerlukan akses Internet, maka VSAT sangat memungkinkan. Namun hubungan seperti ini sangat mahal karena harus memiliki akses ke satelit. Oleh karena itu, biasanya hubungan seperti ini dipakai untuk kepentingan antarnegara atau untuk kepentingan komunikasi yang sangat rahasia.
Perangkat keras yang digunakan dalam hubungan VSAT adalah sebagai berikut.
  1. Hub Station
    Hub station mengontrol seluruh operasi jaringan komunikasi. Pada Hub station terdapat sebuah server Network Management System (NMS) yang memberikan akses apada operator jaringan untuk memonitor dan mengontrol jaringan komunikasi melalui integrasi perangkat keras dan komponen-komponen perangkat lunak. Operator dapat memonitor, memodifikasi, dan mendownload informasi konfigurasi individual ke masingmasing VSAT.
  1. Remote Station
    Sebuah remote station VSAT memiliki komponen-komponen sebagai berikut.
1.) Outdoor unit
Outdoor unit dari sebuah remote station VSAT terdiri dari:
a.) Antena
            Antena berfungsi untuk memancarkan dan menerima gelombang radio RF. Antena yang dipakai dalam komunikasi VSAT adalah sebuah solid dish antenna yang memiliki bentuk parabola.
      b.) RFT
           RFT dipasang pada frame antena dan dihubungkan secara internal ke feedhom. RFT terdiri dari LNA (Low Noise Amplifiers) yang berfungsi memberikan penguatan terhadap sinyal yang datang dari satelit melalui antena dengan noise yang cukup rendah dan bandwidth yang lebar (500 MHz), dan SSPA (Solid State Power Amplifier) yang berfungsi untuk memperkuat daya sehingga sinyal dapat dipancarkan pada jarak yang jauh.
2.) Up/Down converter
Perangkat ini dikemas dalam satu kemasan, tetapi memiliki dua fungsi yang berbeda, yaitu sebagai up converter dan sebagai down converter. Up converter berfungsi untuk mengkonversi sinyal intermediate frequency(IF) atau sinyal frekuensi menengah (70 MHz) menjadi sinyal RF Up link (5, 925 – 6, 425 GHz). Sedangkan, down converter berfungsi untuk mengkonversi sinyal RF Down Link (3, 7 MHz – 4, 27 MHz) menjadi sinyalIntermediate Frequency. 
3.) Indoor unit
     Yang merupakan indoor unit adalah modem VSAT, yaitu perangkat berfungsi sebagai modulator dan demodulator. Modulasi adalah proses penumpangan sinyal informasi kedalam sinyal IF. Sedangkan, demodulasi adalah proses memisahkan sinyal informasi digital dari sinyal IF dan meneruskannya ke perangkat teresterial yang ada.
  1. Satelit Geostasioner
Satelit geostasioner merupakan segmen angkasa pendukung layanan VSAT. Orbit ideal untuk satelit komunikasi adalah geostasioner, atau yang relatif statis terhadap bumi. Satelit yang digunakan untuk komunikasi hampir selalu berada pada orbit geostasioner secara eksklusif, berlokasi sekitar 36.000 km diatas permukaan bumi. Satelit ini disebut satelit geostasioner, karena satelit tersebut selalu berada di tempat yang sama sejalan dengan perputaran bumi pada sumbunya.
Fungsi utama satelit dikerjakan oleh transponder. Transponder ini memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:
1) Penerima sinyal. Transponder menerima sinyal yang di uplink oleh VSAT atau Hub.
2) Translasi frekuensi. Frekuensi dari sinyal yang diterima ditranslasikan ke frekuensi yang berbeda, dikenal sebagai frekuensi downlink.
3) Penguatan.
  1. Pengaturan Koneksi Komputer ke Internet
     Agar dapat digunakan untuk mengakses Internet, komputermu harus dilengkapi dengan modem, baik modem Internal, maupun modem eksternal. Selain itu, kamu juga harus melakukan pengaturan pada komputermu. Bagaimanakah cara membuat pengaturan agar komputer dapat menjalin koneksi dengan Internet? Ayo ikuti langkah-langkah berikut ini agar kamu dapat meningkatkan keterampilan teknis dalam membuat pengaturan koneksi komputer dengan Internet melalui dial up connection.
1.) Dari tombol Start, pilih Control Panel.
2.) Pilih Network Connection pada jendela Control Panel.
3.) Pilih Create New Connection
4.) Klik Next pada New Connection Wizard
5.) Pilih Connect to the Internet untuk memilih jenis koneksi jaringan, kemudian klik Next.
Keterangan:
a.) Connect to the internet
Untuk membuat koneksi internet sehingga kita dapat melakukan browsing ke web dan membaca e-mail.
b.) Connect to the network at my workplace
Untuk membuat koneksi ke jaringan bisnis (menggunakan dial up atau VPN) sehingga kita dapat bekerja dari rumah atau tempat lain.
c.) Set up home or small office network
Untuk membuat koneksi ke jaringan dari sebuah rumah atau kantor yang ada atau membuat koneksi baru.
d.) Set up an advanced connection
Untuk membuat koneksi langsung ke komputer lain dengan menggunakan port serial, paralel, atau infrared. Bisa juga untuk membuat pengaturan agar komputer lain dapat membuat koneksi ke komputer kita.
6.) Pilih Set up my connection manually untuk membuat pengaturan koneksi secara manual, kemudian klik Next.
Keterangan:
a.) Choose from a list of Internet Service Providers (ISPs)
Untuk membuat koneksi ke internet melalui daftar Internet Service Provider(ISP) yang tersedia.
b.) Set Up My Connection Manually
Untuk membuat koneksi ke internet dengan cara manual, yaitu melalui pengaturan untuk membuatdial up connection.
c.) Use the CD I got from an ISP
Untuk membuat koneksi ke internet menggunakan CD yang didapatkan dari ISP tertentu.
7.) Pilih Connect using a dial-up modem untuk memilih jenis koneksi dial up, kemudian klik Next.
Keterangan:
a.) Connect using a dial up modem
Untuk membuat koneksi ke internet menggunakan modem dan sluran telepon ISDN.
b.) Connect using a broadband connection that requires a user name and password
Untuk membuat koneksi ke internet dengan kecepatan tinggi menggunakan cable modem atau DSL.
c.) Connect using a broadband connection that is always on
Untuk membuat koneksi ke internet menggunakan broadband connection dan selalu aktif setiap saat sehingga kita tidak perlu sign in.
8.) Isi nama koneksi dengan nama mudah diingat. Misalnya, Dial Up Connection. Kemudian, klik Next.
9.) Isikan nomor telepon yang akan diakses, misalnya untuk Telkomnet Instan adalah 080989999. Kemudian, klik Next.
10.) Isikan User name: telkomnet@instant, Password: telkom, dan Confirm Password: telkom untuk membuat account. Kemudian, klik Next.
11.) Klik Finish untuk mengakhiri pengaturan.
12.) Untuk meyakinkan bahwa pengaturan telah berhasil, buka kembali jendela Control Panel, kemudian pilih Network Connection. Jika ada ikon Dial Up Connection, maka pengaturan telah berhasil.
  1. Sambungan Internet dengan Dial Up
     
Membuat sambungan internet dengan dial up.
1.) Klik tombol Start.
2.) Pilih Connect To, kemudian pilih Dial Up Connection.
3.) Setelah muncul kotak dialog Connect Dial Up Connection, ketikkan Password yang sudah disetting pada pengaturan, yaitu telkom.
4.) Tekan tombol Dial.
5.) Saluran telepon akan membuat koneksi ke Internet dengan
menghubungi nomor 080989999.
6.) Jika password yang dimasukkan benar, maka komputer akan
langsung terhubung ke Internet sehingga dapat digunakan untuk
mengakses Internet.
7.) Jika gagal terhubung ke Internet, ulangi langkah-langkah tersebut
sampai berhasil terhubung ke Internet.
Jaringan Komputer
      Jaringan komputer adalah sambungan sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang berkerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
1.) Membagi sumber daya, misalnya berbagi pemakaian printer, CPU, memory, atau harddisk.
2) Sarana komunikasi, contohnya surat elektronik, instant messaging, dan chatting.
3) Akses informasi, contohnya web browsing.
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistemclientserver dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Berdasarkan skalanya, jaringan komputer dibedakan menjadi:
1) Personal Area Network (PAN).
2) Campus Area Network (CAN).
3) Local Area Network (LAN).
4) Metropolitant Area Network (MAN).
5) Wide Area Network (WAN).
6) Global Area Network (GAN).
Pada dasarnya, setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi, ada juga jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server, sedangkan yang lainnya sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Oleh karena itu, berdasarkan fungsinya, jaringan komputer dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut.
1.) Client-server
    Client-server adalah jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan dapat diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah domain www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau dapat juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multiservice, yaitu mail serverweb serverfile serverdatabase server, dan sebagainya.
2.) Peer to peer
    Peer to peer adalah jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya, dalam file sharing antarkomputer di jaringan Windows Network Neighbourhood ada lima komputer (misalnya, diberi nama A, B, C, D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat, A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B, A berfungsi sebagai client. Sedangkan, saat A memberi akses file kepada C, A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan. Jaringan yang seperti ini dinamakanpeer to peer.
Berdasarkan topologinya, jaringan komputer dapat dibedakan
menjadi:
1) Topologi bus
Karakteristik topologi bus adalah sebagai berikut:
a.) Node-node dihubungkan secara serial sepanjang kabel, dan
pada kedua ujung kabel ditutup dengan terminator.
b.) Sangat sederhana dalam instalasi.
c.) Sangat ekonomis dalam biaya.
d.) Paket-paket data saling bersimpangan pada suatu kabel.
e.) Tidak diperlukan hub, yang banyak diperlukan adalah
T-connector pada setiap ethernet card.
f.) Problem yang sering terjadi adalah jika salah satu node rusak,
maka jaringan keseluruhan dapat down sehingga seluruh
node tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan tersebut.
2.) Topologi bintang (star)
Karakteristik topologi bintang adalah sebagai berikut:
a.) Setiap node berkomunikasi langsung dengan konsentrator (HUB).
b.) Bila setiap paket data yang masuk ke konsentrator (HUB), kemudian di broadcast ke seluruh node yang terhubung sangat banyak (misalnya memakai hub 32 port), maka kinerja jaringan akan semakin turun.
c.) Sangat mudah dikembangkan.
d.) Jika salah satu ethernet card rusak, atau salah satu kabel pada terminal putus, maka satu kabel pada terminal putus, maka keseluruhhan jaringan masih tetap bisa berkomunikasi atau tidak terjadi down pada jaringan keseluruhan tersebut.
e.) Tipe kabel yang digunakan biasanya jenis UTP.
3.) Topologi cincin (ring)
Karaktersitik topologi cincin adalah:
a.) Node-node dihubungkan secara serial di sepanjang kabel, dengan bentuk jaringan seperti lingkaran.
b.) Sangat sederhana dalam layout seperti jenis topologi bus.
c.) Paket-paket data dapat mengalir dalam satu arah (ke kiri atau ke kanan).
d.) Problem yang dihadapi sama dengan topologi bus, yaitu jika salah satu node rusak, maka seluruh node tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan tersebut.
e.) Tipe kabel yang digunakan biasanya kabel atau patch cable (IBM tipe 6).
4.) Topologi mesh
Karakteristik topologi mesh adalah:
a.) Topologi mesh memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan-peralatan yang ada.
b.) Susunannya pada setiap peralatan ada di dalam jaringan saling terhubung satu sama lain.
c.) Jika jumlah peralatan yang terhubung sangat banyak, tentunya ini akan sangat sulit sekali untuk dikendalikan dibandingkan hanya sedikit saja peralatan yang terhubung.
5.) Topologi pohon (tree)
Topologi pohon merupakan bentuk yang lebih luas dari topologi bintang. Seperti halnya topologi bintang, perangkat yang ada pada topologi pohon juga terhubung kepada sebuah pusat pengendali (central HUB) yang berfungsi mengatur lalu lintas di dalam jaringan. Meskipun demikian, tidak semua perangkat pada topologi pohon terhubung secara langsung ke central HUB, tetapi sebagian lainnya terhubung melalui secondary HUB.

Referensi
  • Uraian Detai Fitur Internet
A. Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet
    Pada  dasarnya, internet berisikan berbagai macam informasi yang di sajikan dalam suatu website. Untuk dapat mengakses website  tersebut, kamu membutuhkan browser (perangkat lunak yang di gunakan untuk mengakses internet). Ada beberapa browser yang dapat di gunakan untuk mengakses internet, di antaranya adalah internet explorer, mozilla firefox, opera, google chrome, dan netscape navigator.
Pengertian Browser adalah suatu aplikasi atau program yang dijalankan pada perangkat komputer untuk melihat konten yang ada pada media World Wide Web (WWW) dengan memanfaatkan jaringan internet. Teknologi browser yang berkembang saat ini tidak hanya dapat menampilkan halaman yang berisi text atau tulisan saja, browser-browser populer sekarang dapat menampilkan gambar, musik, suara, video, file pdf dan data lainnya.
Browser pertama kali digunakan pada tahun 1993 yang diberi nama browser Mosaic. Mosaic adalah nama browser yang diciptakan oleh tim dari National Center for Supercomputing Applications at the University of illinois at Urbana-Champaign (NCSA-UIUC) tidak lama setelah ditemukannya media baru untuk penyebaran informasi yaitu WWW (World Wide Web). Browser Mosaic pada masa awal lahirnya sangat digandrungi oleh para penjelajah internet. Hal itu terjadi karena Browser Mosaic adalah alat penjelajah internet pertama yang memiliki tampilan grafis dan terlihat lebih menarik. Kepopuleran Mosaic ternyata tidak bertahan lama, pada tahun 1994 browser Mosaic mulai ditinggalkan dengan hadirnya Netscape Navigator. Setelah itu bermunculan-lah browser-browser baru dengan kemampuan yang terus ditingkatkan hingga sampai saat ini.
Browser yang paling banyak di gunakan saat ini adalah internet explorer dan mozilla firefox. Berikut ini adalah penjelasan tentang browser tersebut.       

1. Internet Explorer
    Internet Explorer merupakan browser bawaan dari sistem operasi windows. Saat ini, internet explorer sudah mengeluarkan berbagai versi. Versi yang terakhir saat ini  adalah internet explorer versi 8. Hasil survey yang dilakukan oleh perusahaan WebSideStory sebagai penganalisa web, menunjukan bahwa pengguna internet explorer saat ini mencapai 93,7%. Oleh karena itu, Internet Explorer dinyatakan sebagai browser yang paling banyak digunakan oleh para pengakses internet.
Internet Explorer banyak di gunakan oleh para pengakses internet untuk melakukan browsing karena memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut:
1.) Internet Explorer tidak memerlukan memori komputer yang terlalu besar sehingga tidak menghambat alur kerja progam lain yang sedang berjalan secara bersamaan dengan progam Internet Explorer.
2.) Jika komputer menggunakan sistem operasi Windows, Internet Explorer sudah secara otomatis terinstal. Oleh karena itu, tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu.
3.) Internet Explorer sudah terintegrasi dengan Microsoft Outlook ataupun Outlook Express sehingga lebih memudahkan untuk mengirim dan membaca e-mail.
Selain memiliki kelebihan, Internet Explorer juga memiliki beberapa kekurangan , di antaranya adalah:
1.) Ukuran aplikasinya besar, dapat mencapai 80 Mb
2.) Belum terintegrasi dengan berbagai perangkat lunak download manager, seperti Internet Download menejer, Flash Got, Free Download Manager, dan lain sebagainya.
3.) Fitur-fiturnya masih sedikit jika di bandingkan dengan mozilla firefox.
4.) Kecepatan dalam melakukan browsing masih lebih lambat jika dibandingkan dengan mozilla firefox.
5.) Hanya dapat digunakan pada komputer yang menggunakan sistem operasi windows, sedangkan pada sistem operasi Linux dan Mac tidak bisa menggunakannya.
2.) Mozilla Firefox
            Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk  sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajahan penjelajahan antar platform gratis yang di kembangkan oleh yayasan mozilla dan ratusan sukarelawan. Mozilla Firefox sekarang telah sampai ke versi 3.0.8.
Kelebihan dari Mozilla Firefox adalah:
1.) Ukuran aplikasi yang relatif lebih kecil, yaitu sekitar 7,3 Mb.
2.) Mendukung berbagai jenis jalan pintas untuk aksi,baik yang berupa tombol pintas, misalnya Ctrl + T untuk menbuka tab baru, maupun gerakan mouse pintas (mouse gesture), misalnya menekan tombol kanan mouse sambil menggeser mouse ke kiri menuju halaman sebelumnya.
3.) Memiliki fitur organisasi bookmark yang mampu mengorganisasi beberapa tab sekaligus.
4.)  Fiturnya lebih banyak dari Internet Explorer.
5.)  Tampilan browser dapat dikostumisasi menggunakan skin.
6.)  Tampilan halaman yang lebih luas dan area toolbar lebih ringkas.
7.)  Kecepatan aksesnya lebih cepat daripada Internet Explorer.
8
Mozilla Firefox juga memiliki beberapa  kekurangan, diantaranya adalah:
1.) Tidak terintegrasi dengan microsoft outlook ataupun outlook express.
2.) Memakan banyak memori komputer sehingga sering menggangu proses dari program lain yang berjalan bersamaan dengan Mozilla Firefox.
3.) Harus di instal terlebih dahulu, tidak otomatis seperti halnya internet explorer yang terinstal bersama dengan sistem operasi Windows.
  1. Mengakses Halaman Web 
Jika komputermu telah terhubung ke internet, kamu dapat mengakses halaman tertentu. Bagaimana cara mengakses halaman web? Berikut adalah langkah-langkahnya:
1.) Buatlah sambungan dengan Internet, misalnya dengan dial up connection.
2.) Aktifkan program aplikasi (browser) yang akan di pakai, misalnya Internet Explorer. Carilah icon atau shortcut internet explorer pada dekstop atau taskbar untuk mengaktifkannya.
3.) Tuliskan alamat http://www.yahoo.com pada Adress, kemudian klik tombol go atau tekan Enter.
4.) Setelah itu akan muncul tampilan alamat yang dituju, situs Yahoo.
  1. Mengenal Mesin Pencari (Search Engine)
Mesin pencari (Search Engine) merupakan situs tertentu yang di rancang khusus untuk menemukan alamat web site atau artikel berdasarkan kata kunci yang diinginkan oleh pencari informasi. Sekarang, sudah banyak situs yang menyediakan mesin pencari (Search Engine) untuk memberikan pelayan yang memuaskan bagi para pengunjung situs tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis mesin pencari(Search Engine) yang tersedia di Internet.
  1. Mesin Pencari Google
    Google merupakan mesin pencari yang sangat terkenal dan banyak di gunakan oleh banyak orang. Alamat web site Google adalah http://www.google.com untuk layanan dalam bahasa Inggris atau http://google.co.id untuk layanan dalam bahasa Indonesia.
  1. Mesin Pencari Altavista
   Altavista merupakan salah satu mesin pencari terbesar yang mampu menampilkan informasi dari basis data situs lain. Mesin pencari Alvista dapat di akses pada alamat http://www.altavista.com.
  1. Mesin Pencari Excite
      Mesin pencari Excite dapat di akses di alamat http://www.excite.com. Excite merupakan salah satu mesin pencari yang mampu menampilkan informasi berupa web, gambar, berita, audio, dan video.
  1. Mesin Pencari Yahoo
    Mesin Pencari Yahoo dapat diakses di alamat http://www.yahoo.com untuk layanan dalam bahasa Inggris dan http://www.yahoo.co.id untuk layanan dalam bahasa Indonesia.
  1. Mesin Pencari Scirus
    Scirus adalh mesin pencari khusus untuk ilmu pengetahuan. Scirus menambahkan sidebar yang menyaring hasil-hasil pencarian untuk akurasi maksimal. Scirus memberikan rekomendasi pencarian, kemampuan, untuk melakukan pencarian di situs lain yang berhubungan dengan kata kunci, dan kemampuan untuk menyimpan, email, atau melakukan export situs. Fitur lain yang sangat berguna adalah pencarian file berdasarkan tipe, seperti HTML, PDF, Word, PS, PPT, dan TeX. Alamat situsnya adalah http://scirus.com.
  1. Mesin Pencari FinQoo
FinQoo adalah sebuah mesin pencari META tag. Walaupun mirip dengan Yahoo dan Google, FinQoo menambahkan tipe pencarian ini ke dalam mesin pencari yang lebih baru. Salah satu fitur yang di milikilebih baru. Salah satu fitur yang di miliki oleh FinQoo adalah “Quick View” untuk menampilkan situs hasil pencarian dalam halaman yang sama. Alamat situsnya adalah http://finqoo.com.
  1. Mesin Pencari Alltheweb
    Alltheweb dapat digunakan untuk mencari informasi di situs-situs internet. Selain itu, Alltheweb di lengkapi dengan kemampuan mencari informasi berupa gambar, video, MP3, dan file FTP. Alamtnya adalah http://www.alltheweb.com.
WWW merupakan kepanjangan dari (World Wide Web) yang dapat diartikan sebagai suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian dari pada Internet. Dengan kata lain www juga bisa diartikan sebagai nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. Dengan adanya WWW, kita bisa menerima berbagai macam informasi dalam berbagai format. WWW sering disebut juga sebagai protokol pada sebuah URL (Uniform Resource Locator). Fungsi WWW sendiri sebenarnya adalah menyediakan data serta informasi yang dibutuhkan untuk dapat dipergunakan bersama.
WWW pertama kali dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Sekitar tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991 dan WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.
Belakangan ini kita pastinya merasakan dampak dari maraknya penggunaan internet khususnya pada media WWW, hal ini dipicu dengan hadirnya banyak jejaring sosial seperti facebook, twitter dan Google+. Melalui jejaring sosial tersebut dengan mudahnya kita bisa berkomunikasi dengan kerabat, teman atau bahkan dengan orang-orang yang sebelumnya tidak kita kenal yang tinggal di berbagai belahan dunia. Media komunikasi di dalam jejaring sosial tersebut bisa dengan berbentuk kirim-kiriman pesan text, telepon dan video call. Dibandingkan dengan menggunakan teknologi jaringan seluler atau telpon, berkomunikasi lewat jaringan internet via jejaring sosial jauh lebih murah dalam hal biaya. Fasilitas-fasilitas jejaring sosial tersebut itulah contoh pemanfaatan teknologi internet melalui media WWW.
Beberapa Istilah yang berhubungan dengan WWW
  • Internet
  • Halaman Web (Web Page)
  • URL (Uniform Resource Locator)
  • Situs Web (Website)
  • Domain
  • Browser

 Sejarah WWW

WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991.Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya.Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire.Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan.Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuahperkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.
WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss.Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web’ sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.
  1. Layanan Internet
     Internet menghubungkan kita dengan dunia melalui komputer. Kamu dapat mengakses informasi yang ada di internet dankamu pun dapat di akses oleh seluruh komunitas di internet. Banyak kemudahan yang dapat di peroleh dari internet melalui berbagai fasilitas yang terdapat di dalamnya. Fasilitas-fasilitas yang ada di internet adalah sebaai berikut.
  1. E-mail (Surat Elektronik)
    Secara manual, kamu mengirim surat kepada oranglain melalui kantor pos dengan menyeretkan ongkos dalam bentuk perangko. Pengirimannya memerlukan waktu yang cukup lama, apalagi daerah yang di tuju letaknya jauh. Jika waktu pengirimannya ingin cepat, ongkos yang di keluarkan harus lebih besar.
Fasilitas E-mail adalah fasilitas untuk mengirim dan menerima pesan. Jika dianalogikan, e-mail memiliki fungsi yang sama dengan pengiriman surat melalui kantor pos. Tetapi, terdapat beberapa perbedaan antara mengirim surat melalui e-mail dengan mengirim surat melalui kantor pos, diantaranya adalah sebagai berikut:
a.) Jumlah lembar kertas surat yang akan dikirimkan tidak terbatas karena diukur dengan ukuran ruang dalam penyimpanan (bytes). Kamu dapat mengirim ratusan bahkan ribuan lembar surat melalui e-mail.
b.) Pengiriman pesan atau surat melalui e-mail dapat di lakukan ke banyak orang sekaligus.
c.) Pengiriman surat atau pesan melalui e-mail akan mempercepat waktu pengiriman.
d.) Pengiriman melalui e-mail tidak di pengaruhi keadaan cuaca.
  1. Mailling List
   Jika diartikan, malling list merupakan lumpulan atau daftar(list)orang-orang yang memiliki kegemaran atau profesi yang sama. Misalnya, beberapa orang siswa yang gemar olahraga dapat membuat millis “Siswa Olahraga” , siswa yang gemar komputer dapat membuat millis “Siswa Komputer”, guru-guru dapat membuat millis “Guru” dan sebagainya.
Pesan yang sampai kepada seorang anggota millis akan disebarkan secara otomatis kepada anggota millis lainnya. Demikian pula pesan yang di kirim oleh seorang millis akan di sebarkan secara otomatis ke anggota millis lainnya. Oleh karena itu, untuk membangun kebersamaan dan kerjasama sangat baik jika di fasilitasi dengan millis.
  1. Chatting
     Kata dasar chatting adalah chat, artinya berbincang atau ngobrol. Dalam fasilitas chatting, kamu dapat berkomunikasi langsung secara tertulis dengan orang lain yang sama-sama sedang online di internet.
Chatting merupakan sarana yang murah bagi para pengakses untuk berkomunikasi secara tekstual. Jadi, pengguna internet dapat berkomunikasi melalui tulisan. Kemudian, rekan pengguna yang lain akan membalas dalam bentuk tertulis pula. Memang ada sedikit kekakuan  di bandingkan percakapan langsung lewat  telpon. Namun, bagi pengguna yang sudah biasa, chatting menjadi kegiatan yang mengasyikan.
Perkembangan teknologi komputer dan jaringan telah melahirkan kemempuan chatting yang di sertai suara (sound).
Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.
Chatting tidak hanya populer kalangan remaja saja namun sekarang ini, sudah merambah kalangan dewasa bahkan orang tua sekalipun. Dengan chatting, kita bebas mengobrol apa saja mulai dari pekerjaan kantor, persahabatan, pelajaran sekolah, mata kuliah, percintaan & perjodohan, sampai dengan hal bersifat pribadi sekali pun. Saking bebasnya kadang-kadang membuat chatter-chatter kebablasan tanpa kontrol yang mungkin dapat membuat chatter lainnya marah dan tersinggung. Walaupun pada saat chatting, tidak terjadi tatap muka secara langsung, namun hal itu seharusnya tidak membuat para chatter meninggalkan etika ketimuran seperti dalam pergaulan pada umumnya.
   Sebenarnya kita semua sudah sepakat dan mengetahui etika chatting (walau pun tidak disebutkan secara tertulis), namun kita belum menyadari sepenuhnya untuk mempraktekkannya dengan benar. Nah, etika chatting tersebut antara lain, di bawah ini.
  • Harus Sopan, siapa pun partner chatting kita, mengenalnya atau tidak, jangan sampai kita memperlakukan partner chatting dengan tidak sopan, seperti mengetikkan kata-kata porno atau kata-kata yang kasar atau tidak pantas lainnya.
  •  Jangan memaksakan kehendak, apapun alasan partner chatting sehingga dia tidak mau melayani percakapan dengan kita, kita harus menghormatinya dan tidak boleh memaksanya untuk menjawab atau meladeni percakapan kita.
  •  Harus Jujur, usahakan untuk menuliskan sesuatu apa pun dengan jujur (kecuali untuk hal-hal yang menyangkut privasi), karena hal ini akan membuat partner chatting kita percaya dan menghargai kita. Yakinlah bahwa sejelek atau seburuk apa pun, jika kita mengatakannya dengan jujur, orang lain akan menghargai kita dengan baik dan mengangkat topi untuk itu. Yang sering kita jumpai (bahkan saya sendiri) adalah sulit untuk mengatakan apa adanya, seperti umur, status, atau perkerjaan.
  •  Jangan suka mengganggu dan iseng, walaupun partner chatting keliatan online, belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting dengan kita, siapa tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi. Jika demikian, kita tidak boleh mengganggunya atau mengisenginya dengan mengetikkan “BUZZ” terus menerus.
  •  Jangan pernah membawa SARA, karena hal ini sangat sensitive yang dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal ini tidak akan memberi manfaat apa-apa bagi kedua belah pihak.
  •  Ucapkan salam, tidak ada buruknya jika ucapan salam diterapkan pada saat chatting yang justru dapat menambah suasana keakraban. Pada setiap perjumpaan kita bisa mengetikkan selamat siang, halo, hi, atau senang bertemu Anda kembali, atau jika ingin mengakirinya, bisa mengetikkan selamat tinggal, bye, atau sampai ketemu lagi.
  •  Jangan menuliskan dengan HURUF BESAR (kapital) karena hal ini mengandung arti teriakan sehingga dapat membuat partner chatting marah atau tersinggung.
  •  Aktifkan status offline, hal ini dapat menjadi alternative jika Anda sedang sibuk dan tidak ingin “diganggu” chatter lain, dan ini sah-sah saja.
  •  Jangan terlalu banyak membuka dialog pada saat yang bersamaan, jika Anda tidak ingin dikatakan tidak serius oleh partner chatting Anda, karena harus melayani banyak dialog dengan yang lain. Selain itu, jika sembari menyelesaikan tugas pekerjaan, maka akan sangat mengganggu kelancaran pekerjaan Anda tersebut.
  •  Jangan lupa minta izin kepada partner chatting, pada saat kita ingin meninggalkan komputer, siapa tahu dia sedang menunggu
  •  Jika Anda salah masuk room dengan tema yang tidak Anda sukai, jangan sekali-sekali membelokkan tema obrolan sesuai keinginan Anda, kecuali Anda sudah mendapat mandat dari chatter lainnya. Atau lebih baik Anda keluar dari room tersebut.
   Selain etika chatting yang telah disebutkan di atas, ada tips chatting lain yang mungkin perlu kita ketahui adalah, antara lain seperti di bawah ini.
  •  Gunakanlah nickname yang baik dan sopan.
  •  Jangan menggunakan nama asli sebagai nickname Anda.
  •  Jangan pernah memberikan alamat dan nomor telepon kepada chatter yang belum Anda kenal sama sekali.
  •  Jika Anda menggunakan webcam, jangan sembarangan memberi izin kepada chatter yang tidak Anda kenal.
  • Jika ingin memview webcam dari partner chatter, harus meminta izin dengan baik-baik kepadanya, kalau pun tidak diizinkan Anda harus menghormatinya.
  •  Jika harus melakukan copy darat, pastikan Anda tidak sendirian, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  •  Jangan pernah melayani chatter yang menggunakan kata-kata kasar atau tidak sopan.
Di bawah ini adalah dampak dari media chatting adalah sebagai berikut :
  1. a) Memberikan kepuasan dikala anak (Remaja) merasa bosan dengan rutinitas dirumah, karena bisa bertegur sapa dan bercanda dengan teman baru nya di dunia maya. Untuk melatih keorganisasian, seorang anak tidak hanya harus bersosialisasi di dunia nyata, tapi di dunia maya pun seperti ituh.
  2. b) Memberikan pengaruh pada kepribadian anak, karena cenderung mengikuti pola atau karakter lawan chatting nya. Kepribadian anak tidak hanya di pengaruhi oleh lingkungan dalam (Keluarga dan Sahabat) dan Lingkungan Luar (Dunia Maya).
  3. c) Awal kali para chatter ini menganggap chatt adalah hal iseng, tapi seiring dengan berjalannya waktu akan memberikan rasa kecanduan, yang pada ujungnya lupa waktu akan tugas nya sehari-hari. Kejadian seperti ini dapat mudah di temukan di para remaja saat ini yang menggandrungi Internet, khususnya Chatting.
  4. d) Membayakan dirinya sendiri, mayoritas pechatter, akan merasa penasaran dengan lawan chatting nya yang berujung pada tukar no hp atau rumah dan kopi darat atau bertemu di dunia nyata. Hal inilah yang kebanyakan dimanfaatkan oleh orang hidung belang / pelaku pedofilia untuk mencari korbannya. Maka kita sebagai orang tua harus bisa mengawasi anak kita dari bahaya ini.
  5. e) Media ini rentan dan membahayakan karena sekarang ini media chatting sudah sangat canggih, dengan adanya chatting lewat Handphone yang ditawarkan oleh operator seluler baru. Baru ini, penulis pernah menjumpai banyak dikalangan pelajar, yang dikala pelajaran tidak fokus dengan pelajarannya malah berasyik-masyuk chatting lewat hp.
Pencegahan dampak chatting adalah sebagai berikut :
Berikan pengertian pada akan mengenai penggunaan dan berapa lama pemakaian internet. Usahakan untuk mencari lawan chatting yang seusia nya, sekarang ini beberapa handphone sudah bisa digunakan untuk chatting, sebagai orang tua di minta harus menyita handphone dikala waktu tidur, karena kebanyakan anak mencuri – curi waktu untuk chatting tanpa sepengetahuan kita dikala jam tidur. dengan demikian esok pagi anak kita dapat berangkat dan mengikuti pelajaran di sekolah dengan Fresh.
Awasi dan ikutilah bilamana anak anda mau ke warnet, berikan pengertian agar apa yang dicari sesuai tujuan, kebanyakan anak sekolah bila di warnet sedirian atau bersama teman – teman nya membuka situs porno atau hentai (kartun porno).
Berangkat dari itu semua kami menyampaikan harapannya semoga kita sebagai orang tua bisa memberi rasa aman dari pengaruh chatting dan penyalahgunaan nya. Tidak semua pengaruh chatting memberikan dampak yang buruk bagi kita dan anak – anak kita bilaman kita bisa memanfaatkan teknologi itu sebaik-baiknya dan bisa membawa diri dalam pemanfaatan media itu, baik untuk bekerja atau mencari relasi atau teman bisnis baru.
  1. File Transfer Protocol (FTP)
    Melalui internet, kamu juga dapat mengirimkan berkas (file) yang berisi tulisan, gambar, animasi, musik, atau game kepada temanmu. Ini dapat dilakukan karena internet menyediakan fasilitas layanan berupa File Transfer Protocol (FTP). Fasilitas FTP ini memungkinkan pengguna untuk menyalin file secara elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya di dalam internet. Layanan FTP paling banyak digunakan lalu lintas file, khususnya bagi perusahaan dan organisasi atau perseorangan, yang akan mengirimkan surat lamaran kerja atau mengirimkan file kepada rekan-rekannya.
  1. Telnet
     Fasilitas Telnet memungkinkan kamu untuk mengakses sebuah komputer dengan jaringan seperti layaknya kamu bekerja pada komputer kamu sendiri. Misalnya, seseorang yang berada di bandung akan memperbaiki naskah yang ada di sebuah komputer di Kalimantan. Maka, ia tidak perlu pergi ke Kalimantan, atau ia tidak perlu meminta dikirim filenya. Dengan fasilitas telnet, ia dapat mengakses komputer yang ada di Kalimantan tersebut dan langsung memperbaiki naskah yang dimaksud. Orang yang akan mengakses harus memiliki alamat IP, user ID, dan password dari komputer rekannya agar dapat mengakses secara langsung. Melalui fasilitas telnet, pengakses dapat secara langsung bertukar file yang berisi tulisan, gambar, film, lagu atau game.
  1. Teleconference (Konferensi Jarak Jauh)
    Aplikasi chatting terus di kembangkan sampai tercipta voice chat, yang kemudian menjadi teleconference. Caranya adalah dengan menambahkan sound card, termasuk VoIP blaster untuk mengompres suara sehingga kulitasnya dapat di pertahankan. Ditambah dengan layanan multimedia internet, para ahli dapat mengembangkan suatu layanan teleconference yang lebih sempurna. Tujuannya adalah agar para pengakses yang menggunakan internet dapat melakukan percakapan jarak jauh dengan saling memandang satu sama lain.
7.  Pengertian Netiquette dan Contoh Kasusnya
    Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
- Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
-Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
a. jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e. jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post unyang tidak berguna) saat berforum.Contoh kasus netiquette
ada seseorang yang membuat thread di http://www.kaskus.us tentang penjualan barang elektronik yaitu handphone lalu di thread yang di post-kan oleh orang tadi itu ada orang yag mengomentari threadnya dengan cara memaki maki mengeluarkan kata-kata yang sangat kasar dan menjatuhkan reputasi si pembuat thread tersebut . lalu comment itu pun langsng di hapus oleh admin yg bertugas di situs tersebut.
    8. Komunitas Online
   Menurut Ferguson et al., 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan onlinr, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.
Rheingold, dalam The Virtual Community: Homesteading on the Electronic Frontier (1993, p. 5) menawarkan de3finisiu sebagai berikut:
Yaitu agregat social yang berbaur menggunakan media bantun internet, dimana sekumpulan orang melakukan diskusi public yang cukup panjang, dengan perasaan manusiawi yang wajar, dan membentuk suatu hubungan jejring hubungan personal didunia maya. Definisi ini menitik beratkan pada agregasi social antar anggotanya, jaringan komunikasi, diskusi pada jangka waktu yang cukup lama, perasaan dan hubungan.
Kozinet (2000) membedakan komunitas virtual sebagai 5 aspek pembedanya sebagai dasar pembedanya, yaitu:
  1. Boards. Berfungsi sebagai papan bulletin elektronik (usenet atau newsgroup)
  2. Rings. Yaitu sebuah web yang berfungsi sebagai aggregator web page yang lain yang disusun secara tematik.
  3. Lists. Yaitu senai surat elektronik yang disatukan pada topic atau minat tertentu.
  4. Dungeons. Yaitu sebuah lokasi virtual bertema, dimana dimana interaksi distrukturisasi dengan peraturan tertentu. Misalnya multu user platform seperti yang terdapat pada permainan-permainan RPG (Role Playing Game), misalnya Final Fantasy, Counter Strike, dan lain-lain
  5. Chat rooms. Yaitu lokasi virtual yang tidak bertema, kurang terorganisir, topiknya bias bermacam-macam.
Berikut adaloah panduan bagaimana membuat komunitas online:
  1. Sebagai motivasi untuk berbagai informasi, percayalah dengan input dari member. Buat suasana yang nyaman dimana user bias bebas mencurahkan pemikirannya ke anggota lain.
  2. Buat agar komunitas mampu berubah sesuai dengan peruahan proses dan konsep yang mungkin berlaku ditengah jalan  sebagai motivasi untuk berbagai informasi
  3. Untuk membangun reputasi, dan perasaan bagian dari komunitas adalah dengan membuat system yang memungkinkan anggotanya untuk dikenali dan diberikan penghargaan sesuai kontribusinya.
Macam-Macam Komunitas Online
Macam-macam komunitas online itu seperti membuat situs jejaring sosial, dan forum. Banyak perusahaan E-Commerce yang telah sukses dan mendapatkan keuntungan yang sangat besar karena membangun komunitas online, seperti Facebook, Twitter, Kaskus, dll.
Komunitas online di Indonesia sangat beragam , mulai dari profesional , penggemar kuliner, sampai para pekerja IT. Pekerja IT memang wajar jika memiliki dunia online sebab dunia internet merupakan dunia yang akrab bagi mereka.
Di Indonesia, ternyata banmyak juga komunitas oline yang bidangnya sangat jauh dari dunia teknologi informasi dan komunikasi, misalnya dunia kewirausahaan, penulisan, pembelajaran,dan sebagainya.
Peranan Komunitas Online dalam Masyarakat.
Komunitas online juga dapat membentuk suatu aksi sosial ditengah masyarakat. Aksi-aksi sosial yang dilakukan komunitas online ini pada umumnya merupakan kegiatan positif yang nyata dengan tujuan membuat suatu perubahan yang lebih baik didalam masyarakat. Beberapa contoh aksi sosial yang dilakukan komunitas online: Aksi berinternet sehat dan belajar ngeblog oleh BandungBlogVaganza, Aksi Gerakan Berbagi dan kampanye keselamatan berkendara oleh DBLOGGER, aksi mengumpulkan buku untuk disumbangkan oleh DOT’S.
Sosial media yang digunakan oleh komunitas online dapat menjadi kekuatan yang dahsyat melawan ketidakadilan,penyimpangan,dan kesewenang-wenangan hukum dan juga pemerintah yang berkuasa. Baru-baru ini kita melihat betapa dahsyatnya sosial media membentuk kekuatan massa, yang bisa menjatuhkan pemerintah yang berkuasa,seperti yang terjadi di Tunisia dan Mesir. Di Indonesia sendiri kekuatan aksi komunitas online sudah terbukti bisa melawan ketidakadilan dalam hukum,seperti yang terjadi pada Gerakan Koin Prita dan Gerakan dukung Bibit-Chandra.
Manfaat komunitas online.
Komunitas online bisa jadi solusi paling handal yang sangat menolong jika diikuti. Banyak orang merasakan manfaat dari komunitas online di Indonesia.
Solusi forum komunitas online adalah hal yang saya anjurkan karena selain bisa menjalin silaturahmi kita juga bisa saling share dan tentunya saling menolong ketika menemukan masalah ketika online. Di Indonesia banyak orang memiliki website dan blog namun karena tidak mengikuti sebuah forum atau komunitas, website dan blog mereka jadi asal-asalan.
Melalui komunitas online lah kita bisa saling tukar ilmu untuk kebaikan semua. Website dan blog kita bagus di Indonesia dan bagus di mata dunia.
Solusi online ini haruslah anda ikuti karena dapat membantu anda dalam jika anda memiliki masalah. Ingat, masalah itu tidak akan selesai jika hanya anda diamkan. Oleh karena itu solusi paling tepat ya ikutilah satu forum atau komunitas yang bisa membantu anda ketika sedang online, khususnya orang Indonesia.
Komunitas online itu bisa anda dapatkan dan anda cari dengan mudah kali ini, coba saja anda lihat kembali komunitas online yang ada di Indonesia seperti solusiforum.com
Sudahkah anda tertarik dengan solusiforum.com? jika anda masih ragu, cepatlah ubah keraguan anda dengan kepercayaan yang pasti karena di solusiforum.com anda dapat saling share dan kami bisa saja saling membantu. Solusi untuk mengikuti komunitas atau suatu forum adalah yang paling tepat.
Artikel diatas menjelaskan bahwa komunitas online sangat berperan aktif dalam kegiatan dan kebutuhan kita hari demi hari dari kemudahan mencari sumber informasi dari segala manfaat dan efisiensi yang ada pada layanan elektronik (online) yang kita butuhkan kapan saja dan dimana saja.
Komunitas Online- Peranannya Dalam Masyarakat
Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi(TIK) di Indonesia mengalami perkembangan yang luar biasa seiring kemajuan pesat teknologi itu sendiri. Pengguna sosial media seperti Facebook,Twitter,Blog,You Tube,Koprol,Kaskus,MIG33 meningkat tajam di Indonesia. Data dari PB+ 2010 menyebutkan bahwa pengguna Blog di Indonesia hampir mencapai 2 juta orang,sedang pengguna Facebook di Indonesia mencapai 25 juta orang per Juli 2010,bahkan pengguna Twitter di Indonesia berada diperingkat 6 dunia (2,41% dari total pengguna twitter dunia). Ini membuktikan bahwa orang Indonesia sangat gemar untuk berinteraksi dan berteman. Dari interaksi-interaksi yang intens antar sesama pengguna sosial media,terciptalah beragam komunitas online.
Berbicara tentang komunitas,ada baiknya kita mengetahui dulu apa arti dari komunitas itu. Komunitas adalah kumpulan orang yang saling berinteraksi diantara anggotanya berdasarkan adanya kesamaan. Komunitas terbentuk bisa karena kesamaan asal daerah dari anggotanya(misal: Paguyuban Madura,Komunitas Lampung,Komunitas Anak Medan), kesamaan nama(misal: Komunitas Asep), kesamaan hobby(misal: Komunitas Mancing Mania,Komunitas Parkour), kesamaan profesi(misal: Lawyer Club, Ikatan Akuntan Indonesia), kesamaan menggunakan produk tertentu(misal : Komunitas Yamaha Club,Komunitas Honda Tiger), kesamaan ngefans klub olahraga(misal : komunitas MU Mania,Jak Mania),kesamaan menggunakan platform online tertentu (misal: Komunitas Blogger, Tweeps, Facebooker).
Sebuah komunitas harus melakukan kegiatan rutin yang menandakan bahwa komunitas itu eksis. Dengan kata lain sebuah komunitas tanpa kegiatan menandakan komunitas itu mati. Beberapa contoh kegiatan rutin komunitas:Komunitas Parkour Jakarta rutin melakukan latihan fisik di Senayan setiap weekend, Komunitas Sepeda Onthel rutin ngumpul dan bersepeda ria saat Car Free day, Komunitas B-H-I rutin nongkrong bareng Jumat malam di seputar Bunderan HI. Tentunya orang-orang yang bergabung dalam sebuah komunitas melakukan satu kegiatan bersama dalam suasana bersahabat dan menyenangkan.
Komunitas Online Dan Keunikannya
Komunitas online merupakan komunitas yang mempunyai keunikan tersendiri. Dibilang unik karena para anggota didalam sebuah komunitas online bisa secara bersama-sama melakukan suatu aksi tanpa harus berkumpul di satu tempat. Onliner New York,Denpasar,Palu,Jakarta,Seoul,Semarang,Surabaya,Bandung yang bergabung dalam sebuah komunitas dapat melakukan satu aksi kampanye secara berbarengan melalui internet (contoh: Kampanye anti Global Warming,kampanye dukung Pulau Komodo,kampanye gemar membaca buku). Namun onliner juga manusia,merasa tak afdol jika belum berinteraksi langsung secara fisik dengan onliner lainnya. Terjadilah pertemuan para onliner di dunia nyata yang umumnya dinamakan Kopdar. Kopdar adalah suatu bentuk komunikasi nyata pelaku dunia maya dimana orang yang ikut kopdar itu bisa saling berkenalan secara pribadi atau sharing ilmu dan pengalaman. Tak bisa dipungkiri bahwa secara psikologis jika sesorang rutin bertemu dan berinteraksi dengan orang lain yang mempunyai kesamaan minat di sebuah komunitas akan menimbulkan ikatan emosional tersendiri dihati orang tersebut terhadap komunitasnya.

Referensi
http://chandraaa-sarah.blogspot.com/2011/10/pengertian-netiquette-dan-contoh.html
http://kamiparapelajaripa2.blogspot.com/2012/11/pengertian-chatting-dan-contohnya.html
http://meidi-rendi.blogspot.com/2012/10/komunitas-online.html
http://rizkacil.wordpress.com/2012/10/22/komunitas-online-polarisasi-kelompok-kelompok-kerja-virtual/
http://dedeh89-psikologi.blogspot.com/2012/10/komunitas-online.html
http://www.untukku.com/artikel-untukku/pengertian-komunitas-untukku.html
http://www.indoza.com/2014/01/pengertian-www-http-dan-url-di-internet.html
http://www.mandalamaya.com/pengertian-www/
http://pwtpurwosari.wordpress.com/tugas/pengertian-httphtmlurlftpdomainwwwhosting/
http://id.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web
http://sari-rahmadhanixi.blogspot.com/2011/11/pengertian-chatting.html
http://ryanputra110598blogspotmcom.blogspot.com/
http://temukanpengertian.blogspot.com/2013/01/pengertian-chatting.html
http://shahnezroza.blogspot.com/2012/10/pengertian-chatting.html

Kesimpulan
Internet adalah seluruh jaringan yang saling terhubung satu sama lain dan berkembang pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, jaringan pemerintahan dan sebagainya yang fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung internet di seluruh dunia. adapun perangkat-perangkat untuk membuat internet seperti komputer, modem, tethering di handphone, dll. ISP juga sangat penting untuk terhubungnya internet ke dalamnya sebab perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. dan ada juga berbagai macam jenis-jenis koneksi internet untuk mengubungan dari komputer ke internet seperti dial-up dan lain-lain, tanpa adanya www, chatting, search engine, dll internet tidak akan bisa berjalan karena mereka dapat membantu kita dengan mudah untuk berhubungan dengan orang-orang dan mencari apa yang ingin kita cari.
Nama : Yusuf Rianto
Kelas : 2PA05
NPM : 19513641

Tidak ada komentar:

Posting Komentar