Senin, 30 Maret 2015

SEJARAH DAN KONSEP SEHAT BERDASARKAN DIMENSI ( TUGAS KE-2 SOFTSKILL )

SEJARAH PERKEMBANGAN KESEHATAN MENTAL

Secara etimologis kata “mental” berasal dari kata latin yaitu “mens” atau “mentis” artinya roh,sukma,jiwa, atau nyawa . di dalam Bahasa yunani , kesehatan terkandung dalam kata hygiene, yang berarti ilmu kesehatan .

Sejarah perkembangan kesehatan mental pertama kali itu pada jaman nenek moyang yang mengalami gangguan mental seperti halnya homo sapiens sendiri . mereka mengalami kevelakaan dan demam yang merusak mental , jadilah manusia dengan rasa putus asa selalu berusaha menjelaskan penyakit mental . dengan kesehatan mental ini kita dapat bendingkan mata uang yang mempunyai dua sisi yang sisi satunya sakit dan yang di sisi satunya lagi baik . disisi lain dapat dilihat kemungkinan kedua sisi itu kira-kira 50:50

pada masa awal-awal orang yang sakit mental dapat dipahami secara seluruh sering diperlakukan dengan kurang baik. Di jaman prasejarah pun manusia purba sering kali mengalami gangguan mental baik fisik maupun gangguan gangguan yang baik .

Di jaman prasejarah ini juga terdapat perawatan-perawatan untuk penyakit ganguan mental adalah : menggosok , menjilat, mengisap dan memotong . sejarah kesehatan mental tidaklah sejelas ilmu kedokteran . ini terutama karna masalah mental bukan merupakan maslaah disik yang dengan mudah dapat diamati  dan terlihat . hal ini lebih karna mereka sehari-hari hidup bersama sehingga tingkah laku yang mengindikasikan gangguan mental dianggap hal yang biasa bukan lagi sebagai gangguan.

Gangguan mental tidak dianggap sebagai penyakit

Tahun 1692 mendapatkan pengaruh imigran dari eropa yang beragama nasrani , di amerika orang yang mempunyai gangguan mental sering dianggap mendapatkan sihir , ini merupakan penjelasan yang diterima secara umum sehingga masyarakat takut dan membenci mereka yang dianggap memiliki kekuatan sihir .

Gangguan mental dianggap penyakit pada tahun 1724 pendeta catton mather mematahkan takayul yang hidup dimasyarakat berkaitan dengan sakit jiwa dengan memajukan penjelasan secara fisik mengenai sakit jiwa . Bejamin Rush menjadi salah satu yang menangani masalah penanganan secara mental . anatar tahun 1830-1860 di inggris timbul menangani pasien sakit jiwa . pada masa ini tumbuh penanganan dirumah sakit jiwa merupakan hal ilmiah untuk menyembuhkan kegilaan.

Melawan diskriminasi terhadap gangguan mental
Dunia medis memberikan pandangan tersendiri terhadap pemahaman mengenai gangguan mental. Dunia medis melihat sakit mental sebagai berakar dari sakit ketubuhan  terutama otak .

   
KONSEP SEHAT BERDASARKAN DIMENSI
                            

PENDAHULUAN

Memang sulit untuk  mendapatkan tubuh yang sehat dan segar , kebanyakan orang bilang sehat itu mahal , tetapi benarkah tentang fakta itu, tetapi menurut pendapat Ilmu Kesehatan Dunia ( WHO ) , memang sehat itu mahal karena kita harus memakan – makanan yang bergizi akan kaya protein , zat besi , dan lain- lain.

Untuk itu dengan jaga kesehatan anda karena itu sangat penting anda dan keluarga anda . istilah sehat dalam kehidupan sehari- hari sering dipakai untuk menyatakan bahwa sesuatu dapat bekerja secara normal . bahkan benda mati pun seperti motor dan mesin , jika dapat berfungsi secara normal , maka seringkali oleh pemiliknya dikatakan kendaraannya dalam kondisi sehat .

Kebanyakan orang mengatakan jika badan nya sehat merasa segar dan nyaman . bahkan seorang dokterpun akan mengatakan pasiennya sehat jika hasil pemeriksaan mengatakan seluruh tubuhnya berfungsi dengan normal .

Konsep sehat dan sakit sesungguhnya tidak terlalu mutlak dan universal karena ada factor-faktor lain di luar kenyataan klinis yang mempengaruhinya terutama fakor social budaya. Kedua pengertian yang saling mempengaruhi dan pengertian yang satu hanya dapat dipahami dalam konteks pengertian yang lain

Banyak ahli filsafat, biologi, antropologi, sosiologi , kedokteran dan lain-lain telah mencoba memberikan pengertian tentang konsep sehat dan sakit ditinjau dari masing-masing disiplin ilmu . masalah sehat dan sakit merupakan proses yang berkaitan dengan kemampuan atau ketidakmampuan manusia beradaptasi dengan lingkungan baik secara biologis, psikologis , maupun social budaya.

Tujuan :

1.     Mengetahui definisi sehat dan sakit
2.     Membedakan definisi sehat dan sakit menurut para ahli
3.     Mengetahui konsep – konsep sehat berdasarkan dimensinya


TEORI

Konsep sehat berdasarkan dimensi :

1.     Dimensi Emosional : emosi  yang sehat dapat tercermin dari kemampuan seseorang untuk mengekspresikan emosinya. seseorang yang sehat emosinya ia bisa mengontrol amarahnya ketika sedang merasa kesal .

2.     Dimensi Intelektual : jika seseorang memiliki kecerdasan dalam kategori yang baik dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan.


3.     Dimensi Social : dikatakan sehat , jika seseorang memiliki hubungan social yang baik, tanpa membedakan ras , suku, dan budaya yang ada di lingkungannya .

4.     Dimensi Fisik : seseorang yang tidak memiliki sakit atau cacat fisik dan seluruh organ tubuh berfungsi dengan baik tanpa adanya keluhan atau kesakitan .

5.     Dimensi Spiritual : spiritual sehat terlihat dari cara seseorang dalam mengekspresikan rasa syukur , pujian dan kepercayaan terhadap sesuatu yang diluar alam fana ini .



KASUS

Seorang ibu yang mengalami demam, mungkin akan mengalami penurunan tenaga atau kesabaran untuk menghabiskan waktu dalam kegiatan keluarga dan mungkin akan menjadi mudah marah dan lebih memilih menyendiri. Sedangkan penyakit berat, apabila jika mengancam kehidupannya dapat menimbulkan perubahan emosi dan perilaku seperti penolakan, marah, dan  menarik diri.
                                                         
                                                                 
ANALISIS

Sakit merupakan proses dimana fungsi individu dalam satu atau lebih dimensi yang ada mengalami perubahan atau penurunan bila dibandingkan dengan kondisi individu sebelumnya. Karena sehat dan sakit merupakan kualitas yang relatif dan mempunyai tingkatan sehingga akan lebih akurat jika ditentukan sesuai titik-titik tertentu pada sekala rentang sakit-sakit.

Diatas dijelaskan bahwa seorang ibu yang sedang demam akan mengalami penurunan tenaga atau kesabaran oleh sebab itu seorang ibu akan lebih menyendiri ketika sedang demam, dari pada ia harus mengorbankan keluarganya karena dampak demam tersebut. Tetapi beda dengan penyakit berat, seseorang akan merasa marah dan menarik diri. Seseroang kenapa melakukan respon seperti itu jawabannya karena dia tidak bisa menerima kenyataan yang sebenernya dia alami.



DAFTAR PUSTAKA

http://berlia-pardyani.blogspot.in/2013/03/konsep-sehat_16.html?m=1        
https://wahyuasriyunita.wordpress.com/
http://meltri-elia.blogspot.com/2011/02/contoh-kasus-sehat-dan-sakit-dari-salah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar